12 Cara Mengurangi Gula Darah Dengan Mudah, Alami, dan Aman

Cara mengurangi gula darah kini sedang banyak dicari. Hal ini bukanlah tanpa alasan karena kini banyak orang yang mengidap penyakit gula darah. Penyakit gula darah tak hanya bisa diidap oleh orang yang sudah lanjut usia saja, bahkan pada usia muda pun bisa mengidapnya. Hal ini dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat dan asupan makanan yang tidak dibatasi.

Berikut ini adalah cara mengurangi gula darah dengan mudah, alami, dan aman :

Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan cara mengobati penyakit gula yang mudah untuk dilakukan. Dengan melakukan olahraga, maka glukosa yang terdapat didalam tubuh akan menurun secara signifikan. Selain itu, kandungan gula pun akan menurun, karena gula yang tadinya berada pada darah akan dibantu untuk masuk kedalam sel dan selanjutnya membantu metabolisme tubuh. Namun, olahraga ini harus dilakukan dengan rutin agar memberikan hasil yang maksimal.

Jangan Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Kadar gula darah tinggi pada tubuh bisa diakibatkan oleh terlalu banyak mengonsumsi gula. Asupan gula yang dikonsumsi secara berlebihan akan terakumulasi dalam darah sehingga menyebabkan terjadinya penyakit gula darah tinggi. Oleh sebab itu, untuk mengurangi gula darah didalam tubuh, maka sebaiknya Anda jangan mengkonsumsi banyak gula.

Kontrol Asupan Karbohidrat

Mengontrol asupan karbohidrat yang dikonsumsi ternyata bisa juga menurunkan kadar gula darah. Karbohidrat memang merupakan sumber asupan energi yang utama untuk tubuh. Namun, tentunya apabila dikonsumsi secara berlebihan maka akan menimbulkan dampak yang tidak baik, salah satunya adalah meningkatkan kadar gula didalam tubuh.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka karbohidrat akan dipecah oleh tubuh menjadi gula sederhana dan glukosa. Hadirnya gula tersebut merupakan hal yang perlu dihindari apabila ingin menurunkan kadar gula darah didalam tubuh. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk membatasi atau mengontrol asupan karbohidrat.

Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau yang kerap kali dikenal dengan junk food bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi dan meningkatkan kolesterol sehingga bisa berdampak pada terjangkitnya penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan proses pengolahan dan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari konsumsi makanan cepat saji. Cara mengurangi gula darah ini merupakan salah satu cara yang ampuh.

Kandungan lemak dan minyak yang terkandung didalam makanan cepat saji bisa membuat kadar gula dan kolesterol meningkat secara signifikan. Belum lagi proses pengolahan seperti penggorengan yang semakin bisa meningkatkan resiko gula darah tinggi akan sangat berbahaya untuk para penderita penyakit ini.

Konsumsi Buah dan Sayur

Ternyata, ada banyak sekali sayuran penurun gula darah yang bisa Anda manfaatkan untuk dikonsumsi. Untuk sayuran, misalnya saja seperti berbagai jenis sayuran hijau. Sayuran hijau kaya akan Vitamin A dan magnesium serta zat gizi lainnya. Zat-zat gizi yang terkandung didalam sayuran hijau dianggap mampu untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Selain sayur, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan. Untuk buah-buahan, Anda bisa mengkonsumsi buah apel, blueberry, jeruk ,ceri, kiwi, dan anggur yang ternyata bisa menurunkan kadar gula darah. Didalam buah-buahan ini terkandung serat, air, dan banyak zat gizi yang bisa membantu menyeimbangkan gula yang terdapat didalam tubuh. Namun, jangan mengonsumsi buah secara berlebihan karena didalamnya pun terkandung gula.

Perbanyak Konsumsi Ikan

Ikan bisa Anda manfaatkan menjadi makanan menurunkan gula darah. Didalam ikan, tidak mengandung karbohidrat dan kandungan gula. Selain itu, ikan kaya akan Omega-3 yang sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah dan menurunkan kolesterol didalam tubuh. Sebaiknya, ikan tidak dikonsumsi dengan cara digoreng agar tidak menggunakan minyak.

Pilih Makanan Dengan Kadar Indeks Glikemik Rendah

Makanan dengan kadar indeks glikemik yang tinggi bisa memicu kadar gula darah menjadi tinggi pula. Oleh sebab itu, di sarankan Anda untuk mengonsumsi makanan dengan kadar indeks glikemik yang rendah untuk menurunkan gula darah secara alami. Dengan memilih makanan yang memiliki indeks glikemik rendah akan bermanfaat baik untuk tubuh.

Ada beberapa jenis makanan dengan kadar indeks glikemik rendah yang bisa Anda konsumsi, misalnya gandum, kacang-kacangan, ubi jalar, sayuran non tepung, buah-buahan, makanan laut, telur, daging. Berbagai asupan makanan tersebut apabila dikonsumsi oleh orang dengan kadar gula yang tinggi maka bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darahnya. Tentu saja asupan ini harus dibatasi sesuai dengan kebutuhan dan jangan sampai berlebihan.

Konsumsi Herbal

Saat ini, ada banyak sekali herbal penurun gula darah yang bisa Anda manfaatkan. Herbal yang populer dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah adalah jamur dewa dan brotowali. Jamur dewa bermanfaat menurunkan kadar gula darah yang sudah dipercaya sejak dahulu kala. Selain itu, brotowali juga sudah banyak dimanfaatkan menjadi herbal penurun gula darah yang tinggi.

Jika Anda ingin mengonsumsi kedua jenis herbal tersebut dengan cara yang mudah, Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk kapsul seperti pada produk Agaric Pro. Pada produk ini, Anda akan mendapatkan asupan dari kedua jenis herbal tersebut yang nantinya akan bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Dengan begitu, konsumsi herbal akan menjadi lebih mudah, praktis, dan kadar gula darah akan turun.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Asupan cairan yang tercukupi akan membuat kadar gula darah menjadi turun. Hal ini dikarenakan air yang dikonsumsi dapat membantu ginjal untuk melakukan aktivitasnya dalam membuang kelebihan gula yang ada di dalam tubuh melalui urine. Tak hanya itu saja, jika Anda rutin minum air dan kebutuhan akan cairan tubuh terpenuhi maka aliran darah akan menjadi lebih lancar dan terhindar dari resiko diabetes. Cara mengontrol gula darah dengan mencukupi kebutuhan cairan dianggap cara yang mudah dan aman.

Perbanyak Makan Serat

Serat yang dikonsumsi akan membantu tubuh menjadi lebih lambat dalam mencerna karbohidrat menjadi gula. Ada banyak sekali makanan dengan serat yang tinggi, misalnya buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Dengan memperbanyak makanan yang berserat diharapkan dapat menurunkan gula darah dengan cepat.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup merupakan cara mengobati gula darah tinggi menjadi menurun di dalam tubuh. Kadar gula darah didalam tubuh umumnya meningkat ketika pagi hari. Apabila Anda rutin mendapatkan istirahat yang cukup, maka kandungan insulin yang terdapat didalam tubuh bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula karena insulin menjadi berfungsi dengan baik dan mencegah peningkatan kadar gula.

Tambahkan Frekuensi Makan

Untuk bisa menurunkan kadar gula darah, Anda perlu untuk mengatur pola makan yang baik. Jika Anda mempunyai kebiasaan makan satu hari sebanyak dua kali dalam porsi besar, ada baiknya untuk menyebar porsi makan menjadi 5 kali sehari dengan porsi kecil. Cara ini dianggap sebagai cara mengurangi gula darah yang ampuh karena konsumsi makanan yang banyak dalam satu porsi sekaligus bisa meningkatkan gula darah secara drastis.

Bagikan di:
Share on facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *