Khasiat Brotowali Untuk Diabetes

Sekarang ini semakin banyak orang yang menderita penyakit diabetes melitus. Penyakit ini tidak hanya diderita oleh orang tua, namun orang-orang yang masih dalam usia produktif. Para penderita diabetes harus rajin minum obat setiap hari agar gula darahnya terkontrol. Namun, mereka juga bisa menggunakan tanaman herbal untuk membantu mengontrol gula darah mereka. Salah satu tanaman herbal yang bisa mereka coba adalah brotowali. Lantas apakah manfaat dari brotowali ini? Nah, khasiat brotowali untuk diabetes akan dijelaskan di bawah ini. 

Apa itu brotowali? 

Sebelum membahas lebih jauh mengenai khasiat dan manfaat dari brotowali, ada baiknya jika kita pelajari dahulu apa itu yang dimaksud dengan brotowali. Brotowali termasuk kedalam jenis tanaman obat-obatan yang sudah dipercaya khasiatnya sejak berpuluh tahun lalu. Tanaman ini dipercaya mampu membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk penyakit diabetes. Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Tenggara dan juga di kawasan India khususnya bagian timur laut. DI indonesia sendiri tanaman ini juga masih banyak ditemui. 

Manfaat brotowali bagi diabetes 

Brotowali kaya akan kandungan senyawa fitokimia yang dapat melindungi anda dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Beberapa senyawa yang terkandung dalam brotowali tersebut adalah alkaloid, flavonoid, flavon glikosida, diterpen glikosida, diterpen, triterpen, sterol, lakton, lignan, dan juga nukleosida. Dengan senyawa yang dimilikinya ini brotowali dipercaya ampuh untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti hipertensi, penyakit kulit, mengontrol diabetes, dan juga melawan alergi. 

Lalu apa khasiat brotowali untuk diabetes? Brotowali ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Caranya adalah dengan rutin meminum air rebusan brotowali. Terapi dengan cara minum air rebusan brotowali ini biasanya dapat dilakukan dalam jangka waktu satu hingga dua minggu. Biasanya dalam jangka waktu satu minggu sudah  ada penurunan kadar gula darah. Nah, untuk memastikannya maka anda bisa cek ke dokter jadi anda benar-benar tahu pasti bahwa kadar gula darah anda sudah turun. Brotowali dapat menurunkan kadar gula darah karena kandungan senyawa yang ada didalamnya mampu merangsang insulin dari sel beta di pankreas. Tidak hanya itu saja, brotowali juga bisa meningkatkan penyerapan glukosa pada otot sehingga gula darah yang ada pada penderita diabetes bisa dikontrol. 

Cara membuat rebusan air brotowali 

Jika anda ingin mencoba minum air rebusan brotowali untuk mengontrol diabetes anda maka cara membuat jamu brotowali ini cukup mudah. Anda hanya perlu siapkan satu batang brotowali yang sudah dicuci bersih dan kemudian di potong-potong. Tambahkan sepertiga genggam kumis kucing dan juga sambiloto. Setelah itu rebus semua bahan dengan tiga gelas air. Tunggu hingga air menyusut menjadi sekitar dua gelas. Kemudian minum air rebusan secukupnya. 

Demikianlah khasiat brotowali untuk diabetes yang bisa anda dapatkan. Jika anda merasa kesulitan untuk membuat jamu brotowali ini sendiri maka anda bisa membeli jamu instan yang tinggal seduh. Salah satu nya anda bisa mencoba produk dari Argaric Pro. Produk ini terbuat dari bahan herbal alami, jadi sudah pasti aman dan berkhasiat. Selamat mencoba! 

Bagikan di:
Share on facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *