Manfaat Brotowali, Obat Herbal untuk Menurunkan Gula Darah dan Atasi Berbagai Penyakit

Brotowali merupakan obat herbal untuk menurunkan gula darah yang telah terbukti khasiatnya. Manfaat dari tanaman herbal ini bahkan telah teruji melalui sejumlah penelitian. Brotowali yang mempunyai nama latin Tinospora crispa ini juga digunakan sebagai obat herbal di Cina, Bangladesh, dan Filipina. 

Manfaat Brotowali sebagai Obat Diabetes

Penyakit diabetes ditandai dengan gejala seperti sering mengalami infeksi pada kulit, gusi, saluran kemih, atau vagina, sering merasa haus, sampai frekuensi buang air kecil yang meningkat. Umumnya penyakit ini ditangani secara medis agar Diabetes / Gula Darah dalam tubuh terkontrol. Namun, selain secara medis, diabetes dapat diatas dengan ekstrak ramuan herbal seperti Brotowali dan Jamur Dewa. 

Manfaat brotowali untuk mengatasi diabetes telah teruji secara klinis. Melalui berbagai penelitian diketahui bahwa brotowali dapat merangsang sekresi insulin dari sel beta. Disamping itu, brotowali mampu meningkatkan penyerapan glukosa pada otot. 

Cara Membuat Jamu Brotowali

Brotowali banyak ditemukan di negara bagian timur laut India dan Asia Tenggara. Brotowali dapat tumbuh hingga ketinggian 2,5 meter dengan ukuran batang sebesar jari kelingking orang dewasa. Di Indonesia sendiri brotowali telah menjadi obat tradisional. Manfaat brotowali sebagai obat herbal untuk menurunkan gula darah dapat Anda peroleh dari rebusan batang brotowali. 

Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan

Brotowali mempunyai segudang manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Selain mengatasi diabetes, brotowali yang mempunyai kandungan alkaloid, pikroretosid, harsa, pikroretin, glikosida, tinokrisposid, palmatin, hingga berberin mampu mengatasi berbagai macam penyakit. 

  • Menangani penyakit asam urat

Zat flavonoid dan alkaloid yang terdapat dalam brotowali berguna untuk menangani penyakit asam urat. Kedua zat ini mampu menghambat xanthine oxidase. Xanthine oxidase merupakan enzim yang bertanggung jawab pada terbentuknya asam urat. 

  • Mengobati malaria

Selain mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes, brotowali juga berguna untuk mengatasi penyakit malaria. Manfaat ini ditunjukkan melalui beberapa penelitian yang telah dilakukan. 

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebagai salah satu obat herbal, brotowali juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh melalui kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Ketika kekebalan tubuh meningkat maka secara otomatis sel-sel dalam tubuh pun akan terjaga kesehatannya. 

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan

Brotowali tidak hanya berguna untuk mengatasi diabetes saja. Namun juga mengatasi berbagai masalah terkait usus dan menjaga kesehatan pencernaan. 

  • Mengurangi stres dan kecemasan

Brotowali memiliki fungsi adaptogenik yang mampu mengurangi stres mental dan kecemasan. Selain itu brotowali juga berguna sebagai tonik kesehatan, menenangkan, meningkatkan memori, dan menyingkirkan racun dalam tubuh ketika dikombinasikan dengan herbal lain.

Demikianlah manfaat brotowali sebagai obat herbal untuk menurunkan gula darah. Manfaat brotowali juga bisa Anda dapatkan dalam bentuk ekstrak dari Agaric Pro.

Bagikan di:
Share on facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *